Chita/ March 6, 2018/ cool electronics

Rapid software development (RAD) atau speedy prototyping adalah mannequin proses pembangunan perangkat lunak yang tergolong dalam teknik incremental (bertingkat). R&D dalam pendidikan sering disebut analysis-primarily based development 1 atau pengembangan berbasis penelitian yaitu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk-produk pendidikan. Yang dimaksud masalah pembelajaran.dalam penelitian pengembangan adalah masalah yang terkait dengan perangkat pembelajaran, seperti silabus, bahan ajar, lembar kerja siswa, media pembelajaran, tes untuk mengukur hasil belajar, dsb.

Proses pelatihan dan pengembangan dimulai dengan penentuan kebutuhan pelatihan dan pengembangan atau suatu penilaian kebutuhan yang komprehensif, penetapan tujuan yang bersifat umum dan spesifik, pemilihan metode, media, dan prinsip-prinsip pembelajaran, implementasi program, dan diakhiri dengan tahap evaluasi program. Karena intangibles adalah aset yang tidak pernah habis dan dpat selalu dikembangkan kapanpun, dimanapun dan bagaimanapun. Disini adalah pusat dari kebenaran alat arsitekture CASE adalah perkembangan database yang disebut dengan Repository CASE.DevelopmentDevelopment

Kedua, penelitian yang dipusatkan pada pengkajian terhadap program pengembangan yang dilakukan sebelumnya. Educational Research and Development is a course of used to develop and validate instructional products” (Borg and Gall; 1989:772). Penekanan paling besar pada mannequin ini adalah pendapat bahwa evaluator membuat keputusan tentang program yang sedang dievaluasi. Educational Research and Development biasa juga disebut Research Based Development.

Tujuan tahap ini adalah menentapkan dan mendefinisikan syarat-syarat pembelajaran di awali dengan analisis tujuan dari batasan materi yang dikembangkan perangkatnya. Pengembangan adalah suatu proses pendidikan jangka panjang memanfaatkan prosedur sistematis dan terorganisir, dimana personil manajerial mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis untuk tujuan umum.

Masalah yang ingin dipecahkan adalah masalah nyata yang berkaitan dengan upaya inovatif atau penerapan teknologi dalam pembelajaran sebagai pertanggung jawaban profesional dan komitmennya terhadap pemerolehan kualitas pembelajaran. Evaluasi adalah proses untuk melihat apakah sistem pembelajaran yang sedang dibangun berhasil, sesuai dengan harapan awal atau tidak. Menurut (Hani Handoko:2001:104) pengertian latihan dan pengembangan adalah berbeda.Development

Share this Post