Apa Itu Organization Development?

Pengembangan produk baru atau menciptakan produk baru merupakan tugas yang sering terlupakan. Mengembangkan kemampuan promosional karyawan adalah konsisten dengan kebijakan personalia untuk promosi dari dalam. Dalam program yang lebih ketat dari R & D, siklus ini diulang sampai bidang-data uji menunjukkan bahwa produk tersebut memenuhi tujuan perilaku didefinisikan. Jadi, Orientasi dan Training ditujukan untuk kebutuhan saat ini, sedangkan Development untuk masa depan si karyawan.

Oleh karena itu proses seleksi program MT dilakukan dengan sangat ketat, baik dilaksanakan sendiri oleh bagian SDM perusahaan maupun dengan menyerahkannya kepada konsultan terpercaya. Sebagaimana yang diuraikan oleh Borg and Hall (1989:773): Educational R & D is sometimes equated with curriculum development. Salah satu strategi yang digunakan dalam pengembangan mutu pendidikan adalah lewat Research and Development Strategy atau fashionable disingkat R&D. Analisis tingkat organisasi (organizational evaluation) ditujukan unutk mengetahui dibagian mana dalam organisasi yang memerlukan program pelatihan.DevelopmentDevelopmentDevelopment

Akan tetapi, banyak konsultan yang telah menyusun program mereka sendiri berdasarkan kerangka dasar tertentu yang dapat meliputi gagasan mereka. Fungsi pertama dari manajemen sumber daya manusia (manajemen HRD) adalah pengadaan atau procurement. Basic Core Analysis adalah analisa core di laboratorium untuk menentukan parameter seperti permeabilitas absolut dan porositas, serta saturasi air.

Sedangkan pengembangan adalah pemberian kesempatan belajar yang bertujuan untuk mengembangkan individu, tetapi tidak dibatasi pada pekerjaan tertentu pada saat ini atau di masa yang akan datang dan memiliki fokus yang lebih berjangka panjang. Dengan mengidentifikasi peserta pelatihan, perancang program dapat menentukan format yang tepat, apkah akan menggunakan format ruang kelas, belajar sendiri, belajar dari pengalaman, atau menggunakan beberpa format sekaligus.

Produk tersebut tidak selalu berbentuk benda atau perangkat keras (hardware), seperti buku, modul, alat bantu pembelajaran di kelas atau di laboratorium, tetapi bisa juga perangkat lunak (software program), seperti program komputer untuk pengolahan information, pembelajaran di kelas, perpustakaan atau laboratorium, ataupun mannequin-mannequin pendidikan, pembelajaran, pelatihan, bimbingan, evaluasi, manajemen, dll.